Sabtu, 19 Januari 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh...

hal-hal yang harus kita lakukan basicnya :
1. update plugin yang ada pada ubuntu, ini membutuhkan koneksi ke internet, kalau menggunakan PC, ya harus pc itu dibawa kewarnet dulu, terus update pluginnya. di warnet ada yang komputer kita bisa konek langsung ke internet dan ada pula yang perlu setting IP dulu. hmmm... kalau perlu setting ip, anda pergi ke box sebelah dulu untuk mengetahui gateway warnet tersebut, dan juga IP yang akan kita pakai, ya untuk IP setel aja IP nya sembarang yang penting beda ujungnya pada IP box lain biar gak bentrok IP nya.
2. setelah konek ke internet kita perlu samba,. untuk hal itu bisa diperoleh dengan membuka terminal. buka terminal dengan perintah ctrl+alt+t, setelah terminal terbuka. masukkan perintah :
-$ sudo apt-get install samba
-$ sudo pico /etc/samba/smb.conf
setelah itu tutup
3. setelah itu bikin folder yang ingin dishare, anggap saja "folder sharing", klik kanan sharing dan lihat dulu video yang ada disini http://www.youtube.com/watch?v=1iUafW6g5o8, ikuti semua langkah2 nya.
4. kemudian bawa pulang PC Anda/Laptop Anda. ganti IP yang bekas diwarnet tadi dan sesuaikan dengan IP LAN yang ada dikantor Anda, setting IP nya dan Gatewanya..

kemudian coba tembak folder sharing yang anda bikin tadi di run (tekan tombol jendela+r), masukkan IP linux, ubuntu kita tadi misal //192.168.8.7

kemudian taraaa, terlihatlah folder sharing yang ada dilinux ubuntu kita.. :D

semoga ada manfaatnya dan silahkan kalau mau bertanya.. kita sama sama belajar, terimakasih.. :D

0 komentar :

Posting Komentar

Dengan Komentar Anda kami akan lebih bersemangat membuat tulisan lagi. :)