Sabtu, 21 Juli 2012

Assalamu'ailakum warohmatullahiwabarokatuh..

kali ini kita akan sama-sama belajar bagaimana caranya menaklukan wanita cantik.. eh salah bagaimana caranya membuat kabel UTP/kabel LAN straigth dan cross..

sebenarnya ini tidak sengaja saya temukan digoogle, bukan tidak sengaja sih, tapi ini pertamanya cara membuat kabel ini catatannya ada di hp saya, cuma berhubung hp saya tidak bisa nampung lagi, sekaligus juga untuk catatan saya sendiri dan juga untuk berbagi, kan juga kalau saya catat disini lumayan mengurangi beban hp saya yang tidak berkapasitas banyak untuk menyimpan pesan, yaaa maklum laah, hp saya bukan hp mahal, tapi saya sangat mencintai hp saya, mau tau hp saya yang sangat saya cintai??? hp saya bermerk Nokia 1202, kuat loh sinyalnya, gak bakal saya jual... wkwk
sekian curhatnya.. wkwk.. :D

jujur sebenarnya ini tidak 100% tulisan saya, saya ambil dari blogger lain.. saya minta fotonya dari dia.. :D

ok peralatan peralatan yang diperlukan adalah :
1. Kabel UTP

2. Tang Krimping

3. Konektor RJ45


4. UTP Tester


Dalam membuat sambungan kabel LAN ada dua cara yaitu STRAIGHT dan CROSS, jadi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kita.

1. STRAIGHT (Menghubungkan Computer dan HUB)
berikut gambar Susunan warna kabel pada konektor RJ45


 Ke Connector UTP 1

  • PUTIH – ORANGE
  • ORANGE
  • PUTIH – HIJAU
  • BIRU
  • PUTIH – BIRU
  • HIJAU
  • PUTIH – COKLAT
  • COKLAT
Ke Connector UTP 2
  • PUTIH – ORANGE
  • ORANGE
  • PUTIH – HIJAU
  • BIRU
  • PUTIH – BIRU
  • HIJAU
  • PUTIH – COKLAT
  • COKLAT
2. CROSS (Menghubungkan Computer – Computer atau Hub – Hub)
Susunan warna kabel pada konektor RJ45

Ke Connector 1

  • PUTIH – ORANGE
  • ORANGE
  • PUTIH – HIJAU
  • BIRU
  • PUTIH – BIRU
  • HIJAU
  • PUTIH – COKLAT
  • COKLAT
Ke Connector 2
  • PUTIH – HIJAU
  • HIJAU
  • PUTIH – ORANGE
  • BIRU
  • PUTIH – BIRU
  • ORANGE
  • PUTIH – COKLAT
  • COKLAT

Kupaslah isi luar kedua ujung kabel dengan Tang Crimping. kemudian dengan posisi konektor RJ45 menghadap ke bawah, masukkan susunan kabel seperti gambar atau penjelasan diatas. Setelah terpasang pastikan apakah sudah terpasang dengan baik dengan  menggunakan LAN tester.


sumber : http://bonsaiteknologi.blogspot.com

udah gitu aja caranya, untuk sumber bacaan diatas, makasih yaa.. mudahan ada manfaatnya ya, yaitu buat saya dan buat temen - temen semua.. :D

Asslamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh.. :D 

0 komentar :

Posting Komentar

Dengan Komentar Anda kami akan lebih bersemangat membuat tulisan lagi. :)